Tuesday, August 01, 2006

Entertainment, Trend Work of the Year

Di zaman yang serba instan ini, banyak anak muda yang ramai – ramai menekuni pekerjaan dibidang entertainment media elektronik, terutama televisi. Sebab, pekerjaan itu menjanjikan banyak uangdan ketenaran. Itulah pendapat Devie Rahmawati, manajer humas FISIP UI, tentang tren kerja tahun ini.

Menurut Anda, pekerjaan apa sin yang lagi digandrungi orang tahun ini?

Kebanyakan orang, terutama anak muda sekarang, sedang terpukau dengan media elektronik. Banyak orang mengincar pekerjaan yang bisa muncul di televisi, terutama yang ada hubungannya dengan program entertainment. Misalnya, penyanyi, pemain sinetron, presenter, pelawak, dan profesi – profesi lainnya yang ada hubungannya dengan dunia hiburan televisi. Kenapa? Sebab, di saat kondisi perekonomian tak menentu seperti sekarang, hiburan murah menjadi kebutuhan utama. Karena itu, semua mata sekarang tertuju pada televisi sebagai media hiburan murah yang bisa dinikmati oleh siapa saja.

Kenapa pekerjaan itu digandrungi?

Alasannya sederhana saja, zaman lagi susah, semua orang ingin cari duit cepat, banyal, plus bisa terkenal. Lihat saja, setiap ada audisi menjadi penyanyi, bintang sinetron, model, pelawak, dan sebagainya, itu selalu dibanjiri orang. Terutama anak muda, mereka rela meninggalkan seklah hanya demi mengejar pekerjaan menjadi penyanyi, artis sinetron, presenter dan sebagainya yang terkenal di layar kaca. Ada pergeseran besar ketika fungsi selebriti sekarang lebih banyak dipakai ketimbang pejabat. Coba perhatkan, dulu acara peresmian – peresmian gedung atau peluncuan produk banyak melibatkan pejabat. Sekarang EO lebih senang mengundang sosok selebriti karena dinilai lebih memiliki nilai jual. Lalu, siapa yang tidak ingin menjadi selebriti? Uang banyak, pekerjaan telihat menyenangkan, dan terkenal dimana – mana.

Tapi, banyak orang lupa kalaupekerjaan didunia hiburan itu rata – rata tidak bertahan lama. Yang tidak kerja keras dan tahu akan kebutuhan pasar akan segera tergeser dengan yang baru. Jadi, menurut saya, masa depan pekerjaan di bidang tersebut bisa dibilang tidak cerah. Terutama untuk jangka panjang.

Lalu, pekerjaan dibidang apa yang menurut Anda punya prospek cerah?

Di era pasar bebas seperti sekarang, dunia menjadi tanpa batas. Apa kuncinya agar bisa survive di era persaingan pasar bebas? Menurut saya, orang harus menguasai IT. Paling tidak mengerti internet dan komputer. Sebab, IT-lah yang bisa menembus dunia tanpa batas.

Tanpa pengetahuan di bidang IT, orang akan tertinggal dan kalah bersaing.

Pekerjaan di bidang IT, masa depannya akan sangat cerah. Pekerjaan di bidang IT akan semakin banyak dibuka dan orang yang punya keahlian di bidang tersebut akan makin dicari. Oleh perusahaan apapun, baik perusahaan IT sendiri maupun perusahaan yang bergerak dibidang lainnya.

1 Comments:

At 2:00 AM, Blogger Devie Rahmawati said...

Devie Rahmawati sosok manusia yang aktif di berbagai kegiatan. Seorang kepala Humas FISIP UI yang bijaksana dalam mengambil setiap keputusan, disaat bekerja beliau serius dalam melakoni pekerjaannya, beliau bisa menempatkan sikon disekitarnya (seorang boss yang baik hati, bijaksana, perhatian, dan bisa jadi seorang Mami or bunda tempat curhatan anak2 magang Humas FISIP UI).

 

Post a Comment

<< Home

July 2006 August 2006 October 2006 Link